PELATIHAN PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI), PENYUSUNAN BUKU AJAR DAN MODUL PRAKTIKUM

Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) untuk dosen muda merupakan program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi profesional dosen dalam memangku jabatan fungsional, terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis. Program PEKERTI yang dikembangkan sejak tahun 1993 dan 1987 telah menjadi program yang memperoleh banyak tanggapan positif dari berbagai kalangan pendidikan tinggi. Dalam perjalanannya, banyak perubahan dan adaptasi yang dilakukan terhadap program PEKERTI dengan maksud agar program tersebut lebih efektif, dan lebih dapat mengakomodasikan kebutuhan masing-masing perguruan tinggi.

PEKERTI  menjadi penting dalam pengembangan profesionalisme dosen karena kurikulum yang ditetapkan oleh DIKTI sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Disebutkan bahwa beban kerja dosen mencakup kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian. Di samping itu melaksanakan tugas tambahan dan pengabdian kepada masyarakat. Program PEKERTI merupakan program pelatihan yang dirancang Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi untuk peningkatan kompetensi pedagogik bagi para dosen.

Saat ini sejumlah pembaharuan sedang diayunkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, salah satunya pada kualitas pengajar. Universitas Perjuangan Tasikmalaya (Unper) merupakan universitas yang tergolong baru berdiri. Walaupun baru berdiri, tetapi Unper sudah serius berbenah diri terutama dalam masalah kualitas tenaga pendidik (Dosen). Hal ini sudah ditunjukan dari proses sleksi yang ketat dan melibatkan ahli psikologi dalam proses rekruitmen tenaga dosen.

Dosen sendiri memiliki tiga tugas pokok, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bagi dosen Unper yang rata-rata tergolong dosen muda, hal tersebut belum menjadi kebiasaan. Mereka baru memiliki sedikit pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana proses tridharma di Perguruan Tinggi.

Salah satu tridharma yang harus dilakukan oleh Dosen adalah pengajaran. Dalam pengajaran, tidak begitu saja dosen menyampaikan materi atau memberikan tugas kepada mahasiswa, tetapi perlu adanya perencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi. Untuk itu perlu diadakan Kegiatan PEKERTI pada dosen Unper supaya semakin hari kualitasnya semakin baik terutama dalam peningkatan keterampilan pedagogis.